Cara Menyambungkan Laptop ke Proyektor dengan Mudah & Cepat

Diposting pada

Sebelum kita membahas cara menyambungkan laptop ke proyektor, adakalanya flashback sebentar apa itu proyektor dan satu tips penting sebelum membeli proyektor baru. Proyektor  adalah perangkat elektronik yang mampu terhubung ke komputer atau laptop atau perangkat lain dan memproyeksikan output video ke layar atau dinding. Proyektor dapat dipasang di langit-langit, diletakkan di atas dudukan atau bahkan dapat portabel. Proyektor baiasanya digunakan untuk keperluan seperti pelatihan kantor atau presentasi, pengajaran di kelas dan bioskop rumah.

Satu tips penting sebelum Anda membeli proyektor baru. Ketika membeli proyektor Anda harus tahu setelah membeli proyektor rencananya akan di gunakan dikantor ramai-ramai gantian dengan teman kerja atau membeli proyektor untuk keperluan perkerjaan pribadi. Hal ini sangat penting supaya tidak terjadi kesalahan fitur konektor pada proyektor.

Untuk membeli proyektor baru yang dipakai dikantor maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah survey laptop teman kerja Anda, laptop mereka mempunyai colokan VGA atau HDMI saja. Jika laptop teman kerja semua menggunakan colokan VGA, maka beli proyektor yang hanya ada konektor kabel VGA saja tidak masalah. Karena harga proyektor yang mempunyai konektor VGA saja harganya lebih murah.

Beda lagi jika membeli proyektor untuk keperluan kerja atau bisnis pribadi. Anda hanya perlu melihat laptop Anda, tersedia konektor VGA apa hanya konektor HDMI. Jika yang ada di laptop anda konektor HDMI maka Anda harus membeli proyektor yang ada konektor HDMI nya. Jangan lupa sekalian membeli kabel HDMI nya.

Setelah masing-masing konektor laptop dan proyektor sudah sesuai, sekarang tinggal menghubungkan laptop ke Proyektor. Jika Anda ingin menghubungkan laptop ke proyektor tetapi tidak tahu bagaimana melakukannya,  maka cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini dan Anda akan mendapatkan cara menyambungkan laptop ke proyektor dengan mudah dan cepat.

Perlengkapan:

  1. 1 Unit Proyektor
  2. 1 Unit Wall Screen
  3. 1 Unit laptop
  4. 1 pcs kabel penghubung laptop dan proyektor, kabel ini bisa berupa kabel VGA bisa juga berupa kabel HDMI.
  5. Jika menggunakan wireless maka tidak diperlukan kabel penghubung laptop ke proyektor
  6. Kabel Power masing-masing 1pc, untuk laptop dan untuk proyektor

Langkah-langkah cara menyambungkan laptop ke proyektor;

1. Pastikan komputer dan laptop Anda dimatikan.

2. Sambungkan kabel video (biasanya VGA) dari porta video eksternal laptop Anda ke proyektor.

3. Colokkan proyektor Anda ke outlet listrik dan tekan tombol “power” untuk menyalakannya.

4. Nyalakan laptop Anda.

5. Jika Anda membutuhkan audio untuk presentasi Anda, sambungkan port “audio out” laptop ke proyektor, atau ke sistem suara lain.

6. Sinkronkan proyektor dan laptop dengan menahan tombol FUNCTION (Fn) dan menekan salah satu tombol berikut untuk berganti: F4, F5, F7, F8

Dalam hal ini seperti gambar berikut, tekan dengan menahan tombol Fn bersamaan dengan menekan tombol F8.

https://kajiaris.com/wp-content/uploads/2019/11/cara-menghubungkan-laptop-ke-proyektor-2-630x380.jpg

Anda diberikan opsi untuk memilih apa yang ingin Anda lakukan. Untuk keperluan presentasi yang menghubungkan laptop dengan proyektor Anda bisa memilih Duplicate atau Projector Only. Jika Anda memilih duplicate maka gambar di Projector akan tampak sama dengan yang ada di laptop. Tapi jika Anda memilih Proyektor Only, maka gambar atau tampilan yang ada di laptop akan mati, yang hidup hanya yang ada di layar / screen proyektor.

Tampilan Windows;

(Catatan: Bergantung pada keyboard komputer atau laptop Anda, Anda mungkin harus menggunakan kunci F yang berbeda dari yang tercantum di atas.)

7. Setelah semua terkoneksi Anda bisa mengatur resolusi layar di bagian display VGA. Klik Kanan pilih Graphics Properties.

8. Klik pada tab Pengaturan Umum dan setting resolusi layar ke 1024×768.

9. Selesai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *