Proyektor Adalah Perangkat Output Untuk Memperbesar Tampilan

Diposting pada

Proyektor adalah perangkat output yang mengambil input atau data berupa gambar atau video  yang dihasilkan oleh komputer, laptop  atau pemutar DVD Player dan mereproduksinya dengan proyeksi ke layar, dinding, atau permukaan lain. Permukaan yang diproyeksikan biasanya besar, rata, dan berwarna terang (umumnya berwarna putih).

Hasil dari proses proyeksi tadi sesuai dengan input yang di dapat oleh proyektor. Jika input yang di dapat proyektor berupa gambar, maka proyektor juga akan memproyeksikan gambar dengan ukuran yang lebih besar. Jika proyektor mendapat data input berupa video maka proyektor juga akan menampilkan hasil proyeksinya berupa video yang tampilannya lebih besar. Cara menghubungkan laptop ke proyektor bisa dilihat disini.

Sesuai dengan kebutuhan Anda mau menampilkan gambar atau video yang akan ditonton oleh beberpa orang atau banyak orang. Misalnya, Anda dapat menggunakan proyektor untuk menampilkan presentasi di layar besar sehingga semua orang di ruangan dapat melihatnya. Atau Anda juga bisa menggunakan proyektor untuk menampilkan video siaran langsung sepak bola piala dunia. Semua bisa dilakukan dengan menggunakan proyektor.

Proyektor diproduksi oleh beberapa vendor atau perusahaan dalam berbagai bentuk dan ukuran, mulai dari yang berukuran besar sampai yang proyektor mini. Mereka dapat dipasang di langit-langit atau mungkin berdiri bebas dan portabel. Proyektor yang dipasang di langit-langit biasanya lebih besar, terutama yang memproyeksikan jarak lebih  jauh (sekitar 5 sampai 10 meter atau lebih). Proyektor ini biasanya ditemukan di ruang kelas, ruang konferensi, auditorium, dan tempat ibadah.

Di bawah ini adalah beberapa kegiatan yang biasanya menggunakan proyektor sebagai alat bantunya;

  • Untuk presentasi PowerPoint di pertemuan bisnis.
  • Untuk memperbesar layar computer atau laptop pada saat mengajar di kelas sekolah.
  • Untuk siaran TV atau komputer dengan film yang diputar ke layar besar.
  • Demo produk atau layanan di pusat konvensi.
  • Disorot ke dinding, rumah, atau objek lain untuk memberikan penampilan yang berbeda.

Perkembangan Proyektor

Sekitar tahun 2000, teknologi DLP Texas Instrument mulai digunakan sebagai teknologi terbaru saat itu untuk proyektor. Tipe  MP1400 milik Compaq merupakan salah satu proyektor pertama yang menggunakan Teknologi DLP Texas Instrumen. Baru kemudian di ikuti oleh merk-merk proyektor yang lain, seperti Benq, Epson, View Sonic dll.

Pada 2012, Proyektor merk ViewSonic memperkenalkan proyektor kecilnya, kira-kira sebesar telapak tangan orang dewasa, mereka menyebutnya Proyektor Mini atau Pico, dengan berat kurang 0.5Kg.

Kesimpulan sederhananya, proyektor adalah sistem peralatan yang berfungsi untuk memperbesar tampilan gambar atau video.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *